Cara membuat graffiti menggunakan Adobe Photoshop

Ya ampun, setelah hampir 2 bulan saya vakum dari dunia per-Blog-an, ternyata samasekali tidak menurunkan minat para visitor untuk berkunjung kedalam Blog yang sederhana ini, terbukti meskipun ditinggal selama periode tersebu, Blog ini tetap saja mendapatkan jumlah Visitor sebanyak 500 hingga 600 per harinya, sungguh luar biasa menurut saya!

Sebenarnya saya vakum dengan waktu yang begitu lamanya hanya gara-gara mempersiapkan Mental serta Ilmu untuk menghadapi Ujian Nasional yang akan diadakan pada tanggal 25 April 2011, jadi saya minta maklum dari anda-anda semua, selaku Visitor blog ini.

Namun, rasanya tidak tega juga untuk meninggalkan Blog yang sudah saya kembangkan selama beberapa bulan ini, sehingga ya pada hari ini saya ingin membahas tentang seni grafik jalanan yang sudah sangat mendunia, apalagi kalau bukan Graffiti

Di kota-kota besar seperti Jakarta hampir disetiap ada tembok yang kosong hampir pasti bisa di pastikan bahwa tidak akan luput dengan yang namanya "Tangan-tangan kotor" dari "Orang-orang yang tidak bertanggungjawab" yang membuat Graffiti semacam ini.

Namun, membuat "Kerajinan tangan" seperti ini juga tidak luput dengan yang namanya Pantauan sang Polisi, karena apabila anda kepergok mencorat-coret dinding rumah orang, maka hampir bisa dipastikan anda akan masuk kedalam Penjara setidaknya selama 1 sampai 2 hari, atau setidaknya dipanggilkan orang tua anda.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang demikian, maka dari itu marilah kita belajar sedikit teknik jalanan ini menggunakan sebuah software pengolah gambar yang sampai ditahun 2011 ini masih menjadi primadona pengolah gambar di Dunia ini, apalagi kalau bukan Photoshop yang diciptakan oleh Adobe?

Yasudah, daripada anda semua bosan mendengarkan (atau membaca, lebih tepatnya) pembicaraan saya yang kurang bermutu ini, langsung saja kita masuk kedalam materi kita hari ini!
  1. Silahkan siapkan foto untuk dijadikan Graffiti, dalam hal ini sebaiknya berbentuk tulisan dan sudah tidak memiliki Background, jika masih ada, silahkan hapus menggunakan Eraser Tool. Contoh gambar yang akan kita jadikan Graffiti
  2. Kemudian, silahkan buka Photoshop milik anda, silahkan buka gambar yang akan anda jadikan Graffiti
  3. Bentuklah foto agar terlihat kaku tampilannya untuk mengesankan cetakan stensil. Gunakan Filter > Artistic > Cutout..., Pada jendela filter yang muncul, atur ketiga slider di sisi kanan untuk membentuk obyek agar tampilannya menjadi lebih simpel, namun tetap dikenali, klik OK. (dalam kasus ini saya memilih Neon Glow)
  4. Klik Image > Adjustment > Levels... Pada boks dialog Level, geser slider putih di "Input Levels" ke arah tengah secara perlahan, dan juga menggeser slider abu-abu ke arah kanan. Tentukan sampai titik mana gambar membentuk outline dari bentuk dan bayangan obyek. Anda bisa menggeser slider hitam ke kanan untuk memperpekat gambar. Klik OK.
  5. Buka foto yang hendak dijadikan Tembok dalam pembuatan Graffiti
  6. Kemudian pindahkan foto Graffiti yang sudah kita ubah tadi kedalam Jendela kerja "Tembok" dengan menggunakan Move Tool
  7. Anda bisa mengubah besar serta lebar gambar tersebut dengan menekan Ctrl + T, lalu tarik sudut-sudutnya untuk memperbesar dan memperkecil. Anda pun bisa merotasinya, dengan mengklik-putar sudut gambar. Jika sudah, tekan Enter.
  8. Agar Graffiti tersebut menyatu dengan tembok, ubah blending mode layer gambar menjadi Multiply di panel Layers.

  9. Sampai tahap ini, sebenarnya gambar yang kita hasilkan ini sudahlah berbentuk seperti Graffiti yang berada dipinggiran jalan, namun sepertinya belum 100% sempurna, untuk itu, marilah kita sempurnakan mahakarya kita ini!
Penyempurnaan
  1. Silahkan haluskan beberapa bagian yang anda anggap perlu menggunakan Blur Tool, setelah itu silahkan turunkan Opacity-nya menjadi 80-90%
  2. Jika hendak mengubah warna cat semprot dari gambar, klik Image > Adjustment > Hue & Saturation.... Contreng Colorize. Lalu atur Hue untuk memilih warna dan Saturation untuk kepekatan warna. Atur nilai Lightness ke angka -2. Klik Ok.
  3. Untuk mengatur pewarnaan dari Graffiti yang kita buat, silahkan klik Image > Adjustments > Brightness/Contrast...

  4. Untuk sentuhan terakhir dari Graffiti yang kita buat, silahkan atur kembali letak Graffiti dengan cara mengklik Edit > Transforms > Distort
  5. Selesai, sekarang anda sudah memiliki Graffiti anda sendiri tanpa perlu takut masuk kantor Polisi karena sudah mengotori tembok rumah orang lain!
Mohon maaf apabila hasil akhir milik saya sendiri masih sangat jauh dari bagus, karena saya juga hanyalah seorang pemula didalam bidang ini!

Tips membuat huruf Graffiti
  1. Silahkan download terlebih dahulu font graffiti yang andaq inginkan disini
  2. Kemudian setelah anda download, silahkan di Install font pilihan anda
  3. Buka aplikasi Paint
  4. Kemudian ketikkan hal yang ingin anda jadikan Graffiti, semisal "Azhar Fahru"
  5. Save tulisan Graffiti anda dan silahkan gunakan untuk membuat Graffiti yang ingin anda buat
Selamat bereksperimen ^_^

0 komentar:

Posting Komentar